PRESS RELEASE
Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Fakultas Ekonomi
“PRA PKMFE”
Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM)
BEM Fakultas Ekonomi UNJ 2023

Pada Sabtu, 03 Juni 2023 telah dilaksanakan PRA Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Fakultas Ekonomi (PKMFE) 2023 dengan mengusung tema “Menciptakan Pemimpin yang BERINTEGRITAS (Berintelektual, Tegas, Kritis, dan Berkarakter)”. Acara PRA PKMFE ini dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom Cloud Meetings. Acara PKMFE memiliki tiga rangkaian, yaitu PRA, PAS I dan II PKMFE 2023.

PRA merupakan rangkaian pertama dari acara PKMFE. Acara dimulai dengan registrasi dan pengondisian peserta untuk mengisi link presensi melalui Google Form pada pukul 07.30 s.d. 08.00 WIB. Selanjutnya, acara PRA PKMFE dilanjutkan dengan pembukaan oleh Farid Hidayatullah dan Suci Mahadewi selaku Master of Ceremony (MC) pada pukul 08.00 WIB. Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars UNJ, dan Totalitas Perjuangan.

Pada pukul 08.13 WIB, acara dilanjutkan dengan sosialisasi tata tertib yang dibacakan oleh Sie. K3 yaitu Fikri Fadhillah dan panitia Sie. KDSP lainnya. Setelah itu, dilanjutkan dengan sosialisasi PAS, syarat kelulusan, dan penugasan yang dibacakan oleh Sie. Penilaian yaitu Afrizal Ridwan Firdianto dan panitia Sie. Penilaian lainnya. Kemudian, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi 1 yaitu negosiasi yang disampaikan oleh Muhammad Rifqi Abdillah dan dimoderatori oleh peserta yaitu Endah Sahira pada pukul 08.55 WIB. Peserta sangat antusias dalam menyimak materi yang disampaikan dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, peserta yang ingin mengajukan pertanyaan dapat mengaktifkan fitur raise hand terlebih dahulu, setelah itu Moderator memilih peserta yang akan mengajukan pertanyaan dan dapat langsung on mic setelah itu, adanya simulasi negosiasi agar peserta PKMFE lebih memahami bagaimana melakukan negosiasi yang baik dan benar. Simulasi negosiasi berkaitan dengan isu penghilangan SPU O Rupiah pada sistem pendaftaran mahasiswa baru dengan pihak rektorat yang diperankan oleh perwakilan BPH KAWA BEM FE UNJ dan peserta PKMFE sebagai mahasiswa/i UNJ yang mengajukan keresahan mengenai isu penghilangan SPU 0 Rupiah. Simulasi negosiasi berakhir pada pukul 10.50 WIB.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi 2 yaitu urgensi kaderisasi yang disampaikan oleh Muhammad Iqbal Nurdwiratno yang dimoderatori oleh peserta yaitu Fitriyani Nurul Awalliah pada pukul 10.58 WIB. Peserta sangat antusias dalam menyimak materi yang disampaikan dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, bagi peserta yang ingin mengajukan pertanyaan dapat mengaktifkan fitur raise hand terlebih dahulu, setelah itu Moderator memilih peserta yang akan mengajukan pertanyaan dan dapat langsung on mic. Setelah sesi tanya jawab, dilanjutkan dengan ISHOMA. Pukul 12.45 MC membuka Kembali acara yang dilanjutkan dengan post test materi dengan waktu 10 menit yang dimulai sejak pukul 12.47 WIB. Acara PRA PKMFE telah sampai dipenghujung acara. Setelah itu dilakukan sesi dokumentasi oleh perwakilan Sie. HPD pada pukul 12.57 WIB dan acara ditutup oleh MC yang menandakan acara PRA PKMFE 2023 telah selesai dilaksanakan dengan lancar.

Dokumentasi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *