Comdev

Community development FE (Comdev FE) merupakan underbow dari departemen Sosial Politik BEM FE UNJ. Comdev FE adalah organisasi yang bergerak di bidang sosial dan pendidikan yang kegiatan utamanya adalah pengajaran dan pengabdian kepada masyarakat. Comdev FE berfungsi sebagai sarana untuk penggerak pendidikan dan kontribusi nyata mahasiswa Fakultas Ekonomi dalam mencerdaskan dan peduli masyarakat Indonesia.

Wilayah binaan Comdev FE saat ini berlokasi di wilayah Kampung Jati, RT 001/RW 08, Kelurahan Jatinegara Kaum, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur. Kegiatan dari Comdev FE ini terbagi menjadi dua, yaitu pengajaran rutin dan pengembangan masyarakat. Pengajaran rutin dilaksanakan seminggu sekali di setiap hari sabtu. Adapun jumlah peserta didiknya sebanyak kurang lebih 68 siswa, pengajaran ini biasa dilaksankan di Gedung Balai Warga. Kegiatan pengajaran ini dibagi dalam 2 sesi, sesi pertama diperuntukan untuk murid kelas 1-3 SD yang dimulai pukul 10.00 – 11.30 WIB dan sesi kedua diperuntukan untuk murid kelas 4-6 SD, SMP yang dimulai pukul 11.30 – 13.00 WIB. Sedangkan, kegiatan pengembangan masyarakat berupa kunjungan ke masyarakat, gunanya untuk mengetahui kondisi warga sekitar secara langsung, membantu dan memberi penyuluhan kepada warga lokasi binaan. Kegiatan ini diharapkan dapat mempererat hubungan Comdev FE dengan warga di daerah pengajaran dan Comdev FE dapat memberikan perubahan ke arah yang positif.

Beberapa kegiatan comdev diantara

1. Pengajaran

2. Enviromental Action

Kegiatan ini merupakan kegiatan kerja bakti yang dilakukan oleh anggota Comdev FE dan warga daerah pengajaran. Kegiatan ini dilaksanakan di lokasi binaan (Klender). Kegiatan ini dilaksanakan dua hari dengan rincian hari pertama untuk kegiatan kerja bakti dan hari kedua untuk kegiatan penyuluhan dari puskesmas terdekat atau KSR UNJ.

3. FE Mengabdi

Kegiatan ini merupakan proker aliansi bersama BEM FE. Kegiatan ini diselenggarakan dengan melakukan pengabdian di suatu tempat atau daerah yang ditentukan.

4. Forum Sosial

Kegiatan ini merupakan ajang bertukar pikiran melalui diskusi-diskusi antar mahasiswa dengan membawakan tema masalah sosial terkini.