Pandawa

PANDU AKSI MAHASISWA (PANDAWA)

TIM AKSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

  • DEKSRIPSI ORGANISASI

      Tim Aksi Pandawa FE UNJ merupakan sebuah tim aksi tingkat fakultas yang ada di BEM FE UNJ yang bergerak dalam ranah Pergerakan Mahasiswa. Tim Aksi Pandawa FE UNJ sendiri berada dalam naungan Departemen Sosial dan Politik Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.

Tim Aksi Pandawa FE UNJ bersifat organisasi intra universitas. Selain itu, Tim Aksi Pandawa FE UNJ juga bersifat semi otonom yang artinya memiliki kebebasan dalam menjalankan organisasi baik dalam lingkup internal maupun eksternal kampus dengan tetap berada dalam naungan dan membawa nama Departemen Sosial dan Politik BEM FE UNJ, sementara departemen tersebut memiliki kewenangan untuk berdiskusi dalam pengambilan sikap dan keputusan Tim Aksi Pandawa FE UNJ.

      Tim Aksi Pandawa FE UNJ berfungsi sebagai sistem pendukung (supportingsystem) yang menjadi bagian tak terpisahkan dari Departemen Sosial dan Politik BEM FE UNJ dan menjadi motor pergerakan kampus yang dinamis, produktif, dan solutif.

Tim Aksi Pandawa dipimpin oleh seorang Komandan yang ditemani dua Wakil Komandan yakni Wakil Komandan Putra dan Putri. Selain itu, Komandan juga ditemanin oleh tiga Kepala Divisi yang diantaranya terdapat Divisi Internal, Divisi Pusgerak, dan Divisi Propaganda.

      Setiap tahunnya tentunya Kepengurusan di Organisasi ini kian berubah, dan untuk mengisi tiap Divisi yang ada di Pandawa, tentunya selalu mencari Pengurus untuk melanjutkan estafet perjuangan. Pengurus Tim Aksi Pandawa FE UNJ merupakan individu-individu yang telah bersedia mengikuti Rekrutmen Terbuka (open recruitment) Tim Aksi Pandawa FE UNJ dan telah menjalani proses dan persyaratan untuk menjadi pengurus Tim Aksi Pandawa FE UNJ. Untuk tahun ini Pandawa sendiri telah memiliki 22 Staff Punggawa Tangguh yang siap berjalan di jalan juang ini.

      Seperti layaknya organisasi pada umumnya, Tim Aksi Pandawa juga memiliki Visi dan Misi dalam bergerak di jalan juang. Visi dari Pandawa yakni Menjadikan Pandawa FE UNJ sebagai Cerminan Gerakan bagi mahasiswa FE dengan kontribusi nyata untuk Indonesia yang lebih baik. Sementara itu misi organisasi ini diantaranya:

  1. Menumbuhkan rasa kekeluargaan dengan menjunjung tinggi rasa persaudaran
  2. Menumbuhkan jiwa persuasive untuk mengajak kepada kebaikan
  3. Menamkan dan menguatkan  budaya literasi (baca, tulis, diskusi) dengan mengedepankan nilai-nilai intelektual.

STRUKTUR ORAGANISASI

KOMANDAN : Reynaldi

Wakil Komandan Putra : Muhammad Zafiar Janety

Wakil Komandan Putri  : Bunga Lestari

  • DIVISI INTERNAL

Kepala Divisi : Rizkya Sindi Gitanov Putri

Staff :

  1. Adinda Puspita Sari
  2. Ardhiansyah Nur Hidayat Idris
  3. Dafa Aprilia Maharani
  4. Farza Azzahra
  5. Iftakhullah Ghufron Jaeni
  6. Viky Effendi

DIVISI PUSGERAK

Kepala Divisi : Lasmiati

Staff :

  1. Afifah Amelia
  2. Anggrayeni Kurnia
  3. Betty Sinaga
  4. Bryan Alyandro
  5. Ikhsan Mawardi
  6. Kirana Widya Utari
  7. M Irsyad Fadilah
  8. Putri Andieni Nur Salsabila

DIVISI PROPAGANDA

Kepala Divisi : Wulan Lia Lestari

Staff :

  1. Galih Raka Siwi
  2. Gema Andika Novaldo
  3. Maura Putri Anjali
  4. Rafi Ibrahim
  5. Rihana Maryam
  6. Rizka Ananda Putri
  7. Syahdilla Putri Hardanti Arrahim
  8. Tanisa Aliefia Latiefa

PROKER & KEGIATAN PANDAWA FE UNJ

Proker & Kegiatan BPHI (Badan Pengurus Harian Inti)

  • MUKER (Musyawarah Kerja)

Program kerja yang diadakan di awal periode, untuk mendiskusikan tentang program kerja yang akan diselenggarakan selama satu periode.

  • NGOPI (Ngobrol Politik Pandawa)

Diskusi asik yang membahas tentang berbagai isu terkini untuk menggali kemampuan internal pandawa dalam literasi.

*NGOPI Online via Zoom

  • KPP (Ketuk Pintu Pandawa)

Program kerja untuk menyambung silaturahmi antar internal pandawa dengan mengunjungi rumah di setiap perwakilan divisi ataupun BPHI.

Proker & Kegiatan Pusgerak (Pusat Studi dan Gerakan)

  • Pandawa Mengkaji

Program kerja yang melakukan kajian mengenai isu yang beredar, baik strategis (Hardiknas, Reformasi, Hari Pahlawan) dan Insidental           khususnya isu Ekonomi. Output dari kajian ini berupa narasi kajian dan infografis yang dipublikasikan. Yang bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat FE terkait isu yang terjadi, sekaligus     sebagai landasan dalam bergerak.

  • FE Berpendapat

Merupakan cara bagaimana pusgerak selaku pusat pergerakan menyentuh teman-teman Mahasiswa FE lainnya, dengan meminta pendapat mengenai isu, arah gerak, dan agitasi masa melalui angket dalam hal ini melalui gform

  • Sekolah Pusgerak

Memberikan ruang pembelajaran kepada mahasiswa FE pada khususnya dan mahasiswa umum melalui kelas pusgerak, yang akan memperdalam mengenai bagaimana pusat pergerakan mahasiswa dalam sebuah tim aksi. Berupa teknik mengkaji isu, menyusun sebuah       kajian dsb. Sekolah Pusgerak menjadi bagian dari rangkaian Sekolah Pandawa 2020

  • Ketuk Pintu Pusgerak

Kegiatan mengunjungi tim aksi fakultas lain dalam rangka silaturrahim, berbagi pengalaman dan ilmu serta sebagai sarana meningkatkan arah gerak bersama kedepannya.

Proker & Kegiatan Internal

  • Panik (Pandawa Piknik)

Merupakan acara santai yang mana didalamnya kita bercerita, bermain, dan melakukan hal-hal menyenangkan yang diadakan untuk mempersatukan, menguatkan, dan sebagai bentuk refreshing yang diadakan untuk seluruh punggawa PANDAWA. Panik diadakan sebanyak 3 kali dalam kepengurusan, yaitu di awal, tengah, dan akhir periode. 

  • MOOD (Motivation Of Today)

Kata-kata penyemangat yang di desain dalam sebuah gambar dipadukan dengan broadcast tulisan yang diberikan oleh Divisi Internal untuk punggawa pandawa dengan membagikannya ke grup besar PANDAWA dan dibagikan ke personal chat masing-masing punggawa pada setiap malam
senin.

  • TKP (Temu Kangen PANDAWA)

Sebagai wadah untuk mempertemukan kembali alumni-alumni PANDAWA dan memperkenalkan punggawa pada periode yang baru dengan alumni-alumni PANDAWA. Dalam acara ini berisikan berbagi pengalaman PANDAWA dari masing-masing periodenya yang akan diceritakan oleh setiap alumni yang hadir, sehingga punggawa PANDAWA yang baru dapat mengetahui sejarah PANDAWA dan mendapatkan nasehat-nasehat terbaik dari para alumni.

  • HAPEMU (Hari Spesial Kamu)


Sebagai bentuk perhatian dan rasa sayang kepada keluarga PANDAWA, maka dari itu Divisi Internal membuat poster dan tulisan untuk merayakan setiap hari ulang tahun punggawa PANDAWA. 

  • MKDK (Makin Dekat Dengan Kamu)

Dalam sebuah keluarga tentunya harus mengetahui dan ingin mengetahui berbagai hal tentang anggota keluarganya, MKDK bertujuan untuk lebih mengenal lagi masing-masing dari punggawa PANDAWA dengan mengadakan tanya jawab yang pertanyaannya berasal dari punggawa lain untuk ditujukan kepada salah satu punggawa dengan santai dan penuh tawa.

*MKDK Via Online

  • Kelas Internal

Sebelum menuju pada pengkaderan PANDAWA, terlebih dahulu akan diadakan kelas Internal PANDAWA yang bertujuan sebagai tempat untuk belajar bagaimana menjadi kader terbaik sehingga dapat menjaga keutuhan dan keberlangsungan organisasi kedepannya. Kelas Internal menjadi bagian dari rangkaian Sekolah Pandawa 2020.

  • SEC (Sospol Economic Camp)

Merupakan pengkaderan PANDAWA yang bertujuan membentuk karakter dan mengajarkan pengetahuan tentang hal yang berhubungan dengan Tim Aksi. Dengan adanya SEC ini diharapkan menemukan kader-kader terbaik yang nantinya akan melanjutkan tongkat estafet pergerakan.

Proker dan Kegiatan Propaganda

  • Ketuk Pintu Pergerakan (KPP)

KPP di maksudkan berkunjung  kepada tim aksi fakultas lain yang bertujuan untuk menambah wawasan untuk Punggawa Pandawa dan Sharing-sharing antar divisi agar Pandawa dan tim aksi lain memliki arah gerak yang sama.

  • FEMUD ( FE Menolak Untuk Diam)


FEMUD adalah sebuah tulisan yang dimaksudkan untuk mengangkat isu-isu (social dan politik) yang terjadi di Indonesia. FEMUD bertujuan agar masyarakat FE melek akan keadaan negara nya.

  • PANELIS (Pandawa Menulis)

Dimana Divsi Propaganda menerima hasil karya Punggawa Pandawa dan masyarakat FE yang berupa tulisan karya seperti PUISI, CERPEN, ESSAY. Tulisan ini mengenai isu-isu yang sedang dan yang pernah terjadi di Indonesia yang nantinya dari tulisan ini akan di publikasikn di media social Pandawa

  • Sekolah Propaganda

Sekolah Propaganda adalah kegiatan seperti kelas yang diadakan untuk belajar mendesain  dan mempropagandakan isu.

  • Menolak Lupa


Sebuah segmen di media social yang dimaksudkan untuk pengingat kepada masyarakat FE bahwa ada sebuah catatan peristiwa yang terjadi pada hari itu biasanya seperti peringatan hari- hari besar.

Betujuan agar masyarakat FE bisa mengingat hal yang terjadi dibalik peringatan hari-hari besar dan untuk menambah wawasan bagi yang belum mengetahuinya.

  • SERUAN AKSI

Menginformasikan didalamnya sebuah informasi bahwa akan di laksanakan aksi tentang apa? Dimana? Jam berapa? Dan apa tuntutannya?

MEDSOS PANDAWA FE UNJ