TRANSFORMASI JENJANG D3 KE JENJANG D4 DI FAKULTAS EKONOMI UNJ

Oleh Biro Administrasi BEM FE UNJ 2022

Peningkatan jenjang Diploma Tiga (D3) ke jenjang Sarjana Terapan (D4) menjadi salah satu isu atau sebuah terobosan baru yang dilakukan oleh Universitas Negeri Jakarta khususnya di Fakultas Ekonomi. Keputusan ini berlaku untuk Mahasiswa/i angkatan tahun 2020/2021 dan angkatan 2021/2022 pada Program Studi Diploma Tiga (D3). Adapun perubahan dalam penyesuaian nama-nama program studi di Fakultas Ekonomi yang terdapat di Surat Keputusan nomor 139/D/OT/2022 antara lain sebagai berikut:

  1. Akuntansi Sektor Publik Program Sarjana Terapan
  2. Administrasi Perkantoran Digital Program Sarjana Terapan
  3. Pemasaran Digital Program Sarjana Terapan

Dalam ajang Transformasi ini tentunya memiliki beberapa keuntungan yang akan didapatkan, yaitu:

  1. Jenjang karir D4 jelas, karena program studi yang membuka D4 artinya sudah memenuhi syarat link and match dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) yang menjamin lulusan dapat berdaya saing secara maksimal
  2. Mengubah input dari yang ‘terpaksa’ atau ‘pilihan terakhir’ menjadi “pilihan yang diminati”
  3. Meningkatkan nilai rata-rata seleksi penerimaan
  4. Meningkatkan minat mahasiswa dalam mengikuti kuliah

Dalam melakukan sebuah perubahan, tentunya terdapat alasan mengapa dilakukannya transformasi jenjang D3 ke jenjang D4 adalah sebagai berikut:

  1. Salah satu upaya Pemerintah dalam penguatan kompetensi dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) untuk menjawab kebutuhan industri.
  2. Meningkatkan kualitas input mahasiswa baru.
  3. Mendorong peningkatan jumlah riset, publikasi, dan paten sehingga meningkatkan Peningkatan Bibit Unggul Kemitraan.

Dalam Transformasi ini pastinya terdapat hambatan dalam pelaksanaannya, seperti terdapat beberapa mahasiswa/i yang menolak akan adanya transformasi jenjang D3 ke D4 ini. Beberapa alasan diantaranya ialah mereka ingin cepat lulus. Namun, adapun hambatan-hambatan lain yang mungkin  akan dihadapi di antaranya sebagai berikut :

  1. Mahasiswa dan pengajar berkemungkinan menghadapi kesulitan dalam beradaptasi terhadap perubahan.
  2. Lingkup pembelajaran menyempit sehingga kesempatan untuk mengembangkan diri menjadi lebih sedikit.

Adapun beberapa capaian keterampilan khusus yang akan didapat setelah lulus nantinya, antara lain sebagai berikut:

A. Akuntansi Sektor Publik Program Sarjana Terapan: Mampu dibawah supervisi mengidentifikasi, melaksanakan pencatatan akuntansi atas transaksi dan menyusun laporan harga pokok produksi pada perusahaan manufaktur. Mampu menghitung rasio keuangan yang terdiri atas rasio profitabilitas, likuiditas, solvabilitas, dan aktivitas. dst.

B. Administrasi Perkantoran Digital Program Sarjana Terapan: Mampu membuat berbagai jenis surat bisnis atau dinas sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis maupun pemerintahan; Mampu mengelola dokumen sesuai dengan standar operasional prosedur, dst.

C. Pemasaran Digital Program Sarjana Terapan: Mampu membuat desain berbagai bentuk iklan baik dipublikasikan di media elektronik (TV, radio, vlog dll) dengan menarik, tepat, lengkap, serta menggunakan bahasa yang santun dan komersial sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis maupun pemerintah. Mampu memanfaatkan dan mengelola peluang dengan mengidentifikasikan potensial demand untuk diwujudkan dengan cepat dan akurat menjadi riil demand, dst.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *